Ini Tahapan Kompetisi Sobat Bumi Pertamina

Agustus 1, 2020

Kabar gembira bagi mahasiswa dan masyarakat seluruh Indonesia. Pertamina mengadakan Kompetisi Sobat Bumi yang mulai diluncurkan pada tanggal 24 Juni 2020.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa ada dua kategori dalam Kompetisi Sobat Bumi. Pertama, kategori kompetisi teori sains yang diikuti oleh seluruh mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Kedua, kompetisi proyek inovasi energi baru terbarukan (EBT) yang bisa diikuti oleh masyarakat umum.

“Kompetisi ini sangat menarik, siapa saja bisa ikut. Syaratnya memiliki ketertarikan di bidang energi baru dan terbarukan. Jadi tunggu apalagi, silakan mendaftar,” ujarnya.

Sementara Vice President Corporate Social Responsibility Pertamina, Arya Dwi Paramita menjelaskan waktu pendaftaran kompetisi hingga final.

Arya Dwi Paramita, Vice President CSR Pertamina

“Pendaftaran kategori kompetisi teori sains itu akan dibuka 3 Agustus hingga 30 Oktober 2020. Sedangkan kategori kompetisi proyek inovasi EBT sudah dimulai dari 24 Juni hingga 31 Juli 2020 mendatang,” jelas Arya.

Untuk kategori teori sains, lanjut Arya, akan dilakukan dua tahapan seleksi yaitu seleksi daerah dan nasional. “Seleksi daerah atau tingkat provinsi dilakukan pada 9-13 November 2020, sementara seleksi nasional merupakan seleksi semi final dan grand final akan digelar pada 6-9 Desember 2020,” terangnya.

Untuk kategori proyek inovasi EBT sedikit berbeda. Peserta diwajibkan mengirimkan abstraksi proposal kepada panitia. Selanjutnya akan dilakukan seleksi hingga mendapat 25 abstraksi proposal terbaik.

“Panitia akan memilih 25 yang terbaik yang akan diberikan pendanaan untuk membuat Prototype kemudian dilakukan seleksi lagi untuk memilih 10 terbaik yang akan mengikuti Pertamina Foundation Science Camp di Jakarta yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam. Selanjutnya akan dipilih terbaik dan pemenang kategori proyek inovasi akan diumumkan pada tanggal 10 November yang bertepatan pada hari pahlawan,” jelasnya lagi.

Sumber berita:
https://www.pertamina.com/id/news-room/energia-news/ini-tahapan-kompetisi-sobat-bumi-pertamina